Pages

Review Howls(dot)com By Ghyna Amanda Putri


                               Judul                         :  Howls(dot)com

                               penulis                      :  Ghyna Amanda Putri

                               Editor                       :  ItaNovidyaa

                               Desainer cover         :  Rifai Sidiq A

                               Layouter                   :  Fitri Raharjo

                               Pracetak                   :  Endang

                               Penerbit                    :  de TEENS

                               Terbit                        :  Maret 2014

                               Tebal                        :  323 hlm.

                               ISBN                       :  978-602-255-489-9



 Synopsis :

 #1515 November Today, 11:12 AM | Reply to How's life today? in General Talk :

Terima kasih sudah membangunkanku Terima kasih juga telah berbagi perhatian denganku. Tempat ini benar-benar sepi, sudah berapa lama aku tak kemari? Tapi, sudah kubaca seluruh history percakapan kalian. Kalian membuatku tertawa, menangis, merasa senang, juga sedih. Kupikir, sampai kapan pun kalian adalah orang-orang kurang kerjaan yang selalu berlebihan.

Dulu, aku sering berpikir, apa yang akan terjadi padaku kalau aku mati? Siapa yang akan menangis untukku? Apa masih ada orang yang mau datang menabur bunga di atas makamku? Sekarang, aku tahu..., mereka mungkin adalah kalian.

Cerita tujuh orang, dengan tujuh kehidupan yang berbeda, yang terangkum dalam sebuah portal forum bernama Howls[dot]com.

***

Mr. K. Seorang pria usia 30 tahun keatas. Sepertinya sangat suka mendengarkan dan sekedar melihat percakapan dalam portal forum itu. Hingga sesekali, ia hanya akan muncul dan dengan SOLUSI.

Lady Frog. Seorang Istri yang tidak punya anak sehingga tidak disebut dengan ibu rumah tangga, karena jelas dia belum menjadi seorang ibu. Mempunyai masalah dengan pernikahannya. Ia adalah seorang yang memulai percakapan di portal forum itu.

Vermarine. Bagaimana aku mendeskripsikan sosok ini. Seorang yang mempunyai kekasih yang berprofesi sebagai dokter. Bukan, reside, maksudku. Mempunyai masalah tentang keyakinan

Matryoshka. Gadis Rusia. Ingat? Boneka Rusia? Tapi, aku ragu, ia benar-benar orang Rusia. Seorang mahasiswa dan merasa bahwa tetangga sebelah rumahnya sering kali menguntitnya. Stalker? Yah. Masalahnya adalah itu.

Windbell. Seorang pegawai kantor Kementrian Luar Negeri. Mempunyai masalah dengan masa lalu dan merasa terkait dengan kejadian di masa lalunya.

Butterfly. Tidak normal. Itu adalah kata yang sering dialamatkan padanya. Mempunyai masalah dengan kepalanya yang sering sakit. Terlebih dari itu, ada masalah lain yang lebih menguras emosinya.

November. Seorang siswa SMP. Mempunyai masalah seputar penindasan/bully. Tidak hanya itu, tekanan kejadian masa lalu juga masih membekas untuknya

***

Di awal cerita, kalian akan di sambut semacam profile login, seperti saat masuk ke akun Yahoo, tentu saja. Dan percakapan pertama dibuka oleh Lady Frog. Lalu di ikuti oleh beberapa orang yang juga ikut menyapanya. Pada bagian pertama, mengkhususkan untuk karaketer Lady Frog sendiri. Masalah rumah tangganya semakin bertambah pelik tanpa jalan keluar yang bisa ia lewati. Ada satu jalan keluar, tapi ia tidak berani menempuhnya karena berbagai alasan dan pertimbangan.

Lady Frog, Vermarine, Butterfly, November, Windbell, Mr. K dan Matryoshka memulai percakapan ringan mereka di sebuah portal forum. Mereka memulainya dengan obrolan kecil seperti menyapa. Tapi perlahan-lahan, mereka sudah tampak terbiasa. Dimulai dengan permainan tebak-tebakan siapa diri mereka masing-masing dengan berbagai clue.

Portal forum ini seakan menjadi tempat pelarian mereka dari dunia luar yang tanpa hentinya memberikan mereka masalah. Di dalam portal ini, mereka memberi masukan satu sama lain, menyemangati, bahkan hanya sekedar menggoda. Tapi, mereka memperoleh kenyaman dengan itu. Seakan mereka sudah saling kenal, padahal sebenarnya tidak.

Hingga sesuatu yang dikatakan Butterlfy mulai jadi perbincangan hangat di dalam portal forum. Dan juga November yang mendadak tidak pernah muncul untuk menyapa mereka di dalam poral forum. Mereka semua bersatu untuk mencari tahu. Dan di samping pencarian itu, sesuatu kemudian terkuak. Di portal itu, hanya mereka bertujuh saja yang selalu aktif berkoar-koar. Tidak ada sosok lain selain mereka bertujuh. Hingga kebenaran mengungkapkan bahwa portal forum Howls[dot]com sengaja dibuat untuk mereka yang ada di dalamnya.

***

 Well, akhirnya sampai juga giliran saya untuk mengomentari buku Ini.

Dimulai dari Cover, saya cukup respect sama warna dan juga konsepnya yang menurut saya sudah cukup mewakili isi bukunya. Dan untuk kali ketiga, mbak Ghyna membuat konsep yang berbeda dari dua novel yang sudah saya baca. Konsep kali ini, nggak ngeh soal romansa. Lebih kepada bagaimana suat hubungan bisa terjalin pada sebuah portal forum. Mulai dari kenyamana, kepedulian dan ketertarikan, mbak Ghyna menggambarkannya cukup jelas.

Ide cerita mengenai portal forum sendiri, saya rasa cukup unik yah. Pas liatin #1 sampai keberapa yah, 1000 lebih nggak salah, aduh..., pasti kudu teliti banget yah, nulisnya. Apalagi obrolannya sendiri itu harus disusun apik. Dibagian ini, saya salut sama mbak Ghyna. Porsi untuk masing-masing tokoh di takar dengan begitu pas. Jadi nggak ada tokoh yang dibahas kebanyakan dan kekurangan. Kayak gizi aja, yah. #Lupakan.

Konflik yang diangkat dalam buku juga memang sebagian besar dialami oleh kebanyakan orang. Tapi bedanya, konfliknya disini beragam, dengan banyak tokoh yang juga di ceritakan dengan detail sendiri. Jadi, nggak ngebosenin buat dibaca. Apalagi, banyak kertas warna hijau yang menyelingi. Jadinya, melek terus pas liat warna-warna cerah. #Curhat.

Okee.., sampai kepada masalah. Saya menemukan beberapa typo dalam buku ini. Tapi nggak sampai ngurangin antusias baca sih. Paling 3-4 doang. Tapi lebih dari itu, masalahnya hampir sama dengan review Matryoshka dan Heartsease sebelumnya. Kalimat tanpa spasi. Tapi untuk buku ini, Margin kanannya udah stabil. Sampai di sini sih, cuma itu yang aku nemuin.

PUAS banget sama novel ini. Diluar dari kekurangan yang dimaksud, ini buku yang rekomended banget buat kalian yang sering gentayangan di sosmed. Eh, bukannya mimin juga gentayangan, yah? Iya, tapi, kan, mimin udah baca. 

Overall, aku kasih 4,8 bintang untuk buku ini. Ini buku rekomended banget, loh, yah. Jangan sampai ketinggalan baca. Aku aja masih ketagihan bacanya. Hahaha, nggak sadar, udah ada November yang nulis di portal belakangan.

And the End. ^_^






0 komentar:

Posting Komentar